Jemi Kabungsina Resmi Nakhodai Negeri Labuan

By admin 27 Jul 2023, 13:23:46 WIB Ekonomi
Jemi Kabungsina Resmi Nakhodai Negeri Labuan

Keterangan Gambar : Kabungsina dilantik sebagai KPN Labuan oleh Pnjabat Bupati Malteng, yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Dr. Aidjarang Wattiheluw


Masohi, beritanyaterkini.com – Negeri Labuan Kecamatan Seram Utara Barat Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), resmi memiliki Kepala Pemerintahan Negeri (KPN) definitif.

Kabungsina  dilantik sebagai KPN Labuan oleh Pnjabat Bupati Malteng, yang diwakili oleh Staf Ahli bidang Pemerintahan Politik dan Hukum Dr. Aidjarang Wattiheluw.

Kabungsina dilantik dan diambil sumpah bersamaan dengan KPN Trana, Penjabat KPN Issu, Penjabat KPN Messa Kec, Penjabat KPN Sahulauw, Penjabat KPN Rumahwey,  Penjanat KPN Wassu, Penjabat KPN Ihamahu dan Penjabat  KPN Titawai disertai peresmian pergantian Antar Waktu Anggota Saniri Negeri Hulaliu Kec. Pulau Haruku, yang berlangsung di lantai tiga kantor Bupati Malteng, kamis (27/7/2023).

Mewakili penjabat Bupati, Wattiheluw mengaku, dalam kurun waktu 10 bulan masa kepemimpinan Marasabessy sudah  melantik 14 KPN, 47 Pejabat KPN dan 28 Saniri Negeri.

“Angka ini cukup signifikan, sebab kita tahu bersama bahwa Malteng memiliki gejolak dinamika sosial kemasyarakatan yang sangat kompleksitas, namun melalui komunikasi dan koordinasi yang baik semua dapat berjalan dengan sukses dan lancar,” ungkapnya.

Wattiheluw juga menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan  amanat Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2006 tentang Negeri dan Peraturan Daerah Nomor 03 2006 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan dan Pelantikan KPN. 

“Selaku Penjabat Bupati tugas saya untuk melaksanakan amanat ini adalah sangat penting untuk dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku,” ucapnya. 
Wattiheluw juga menyampaikan kepada KPN yang baru dilantik  untuk sepenuhnya melayani masyarkat dengan hati yang tulus ihklas. 

Gunakanlah ADD dan DD secara baik dan akuntabel untuk kesejahteraan masyarkat dan kesuksesan pembangunan di Negeri. Teruslah menjalin komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan pemerintah kecamatan dan OPD di lingkup Kabupaten.

“Saudara-saudara harus mampu meletakan legacy dan sejarah baru dalam kepemimpinan kalian. Saya berharap Saudara-saudara benar-benar konsisten dan loyal untuk melakukan seluruh tugas yang dipercayakan,” pinta Wattiheluw.

Kepada Pj. KPN Wattiheluw mengatakan bahwa, tugas utama  adalah segera melakukan konsulidasi untuk mempersiapkan tahapan pemilihan Kepala Pemerintah Negeri yang defenitf. Dan  harus bebas dari intervensi dan tekanan apapun, dan harus melepaskan diri dari praktikpraktik pragmatisme. 

“Saudara harus berdiri diatas kepentingan semua orang bukan kelompok dan golongan tertentu. Tugas sebagai Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri sangat singkat, karena itu pegang teguh janji dan sumpah jabatan yang telah saudara ucapakan,” katanya. 

Tidak hanya itu, ia juga berharap kepada Saniri Negeri, agar  peran dan tanggung jawab sebagai badan legislatif di tingkat Negeri dalam upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan negeri melalui tugas, fungsi dan kewenangan yang dimiliki. 

Wattiheluw juga mengingatkan kepada para KPN, Penjabat KPN dan Saniri Negeri agar selalu proaktif dan bijaksana dalam meminimalisir potensi konflik sekecil apapun serta menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi di negeri.  (Lando)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment