Kasus Dana Hibah KNPI Malteng AGL Segera Ditersangkakan

By admin 26 Mar 2024, 16:05:31 WIB Hukum
Kasus Dana Hibah KNPI Malteng AGL Segera Ditersangkakan

Keterangan Gambar : Gedung KNPI Malteng


Masohi, beritanyaterkini.com -
Kasus Dana Hibah KNPI Malteng yang bergulir di Kejaksaan Negeri Malteng sejak 2023 mulai menunjukan titik terang. Nama Ketua KNPI Malteng Abdul Gani Latuconsina (AGL) dikabarkan. 

AGL disebut-sebut  tidak layak mencairkan dana dimaksud karena statusnya yang telah habis masa jabatan sebagai ketua KNPI Malteng.  Cilakanya, dana ini dicaikan dan dimanfaatkan sendiri oleh AGL dalam kapasitasnya sebagai ketua KNPI. 

"Dalil yang menjerat AGL ada banyak. Layak di ditetapkan sebagai tersangka," kata sumber media ini.

"Indikasi pemanfaatan dana juga jadi salah satu sebab," sambungnya.

Diketahui,  dana hibah KNPI Malteng senilai Rp. 500 juta ini tidak serta -merta dicairkan oleh AGL. Dana pembinaan Organisasi kepemudaan dari APBD Malteng ini bisa berproses hingga berada di tangan AGL melalui proses yang cukup rumit. 

Namun semua hal bisa dilalui dengan mudah oleh AGL bersama kepengurusannya lantaran ada andil dari Pj Bupati Malteng melalui Kepala Kesbangpol-Linmas Johanes Noya. 

"Karena itu, hal-hal yang normatif tidak lagi jadi pertimbangan. Yang ada hanyalah, dana itu harus dicairkan oleh AGL," sebutnya.

"Sebab, harusnya soal legalitas kepengurusan harusnya jadi syarat normatif dana daerah bisa dicairkan kepada penerima. Dikhawatirkan, faktor ini sengaja diabaikan oleh Kakesbangpol," nilainya. 

Bila pertimbangan yang dipakai adalah soal  status kepengurusan, maka  Kakesbangpol juga harus ikut bertanggung jawab.

"Kesbangpol kan merupakan instansi teknis yang bertanggung jawab terkait dana itu. Dirinya juga  harus bertanggung jawab,," kuncinya. (TIM)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment