Pemkab Malteng Terapkan Metode Digitalisasi Pengelolaan Keuangan Desa

By admin 05 Feb 2024, 14:23:18 WIB Kab.Malteng
Pemkab Malteng Terapkan Metode Digitalisasi Pengelolaan Keuangan Desa

Masohi, beritanyaterkini.com-
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) mulai menerapkan metode  digitalisasi dalam pengelolaan  sistem keuangan desa. Hal ini dilakukan untuk  memastikan kegunaan Dana Desa tepat sasaran dan menghindari terjadinya penyalahgunaan.

“Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) online yang merupakan langkah teknologi modernisasi dan juga untuk meningkatkan pengelolaan keuangan desa,” ujar Penjabat Bupati Malten Rakib Sahubawa dalam keterangan yang diterima di Ambon, Senin (5/2/2024).

Dijelaskan,  Siskeudes memiliki prinsip-prinsip transparansi akuntabilitas dan disiplin sebagai pijakan utama dalam pengelolaan keuangan desa. Dikatakan, dengan adanya sistem ini tidak hanya membawa keuangan ke level yang lebih baik, tetapi juga memanfaatkan setiap rupiah keuangan desa agar lebih bermanfaat.

“Adanya sistem ini dapat memudahkan pelaporan dan meminimalkan kesalahan administratif karena pengelolaan keuangan desa yang baik bukan hanya sekadar tuntutan zaman tetapi menjadi pondasi bagi pembangunan yang berkelanjutan,” paparnya .

Dikatakan,  masyarakat di era ini  memiliki tantangan untuk penanggulangan kemiskinan terutama kemiskinan ekstrem, penanganan stunting, pengendalian inflasi, dan penguatan tata kelola desa yang baik.

Tanggung jawab ini, sejatinya menurutnya Sahubawa  merupakan  tugas semua lapisan masyarakat. Terkait itu, dirinya  mengajak semua pihak untuk ikut memainkan peran dalam penguatan tata kelola pemerintahan desa sekaligus, mengoptimalkan dana desa untuk kepentingan yang lebih besar.

“Dana Desa   yang langsung terkucur ke desa harus tepat guna dan tepat sasaran. Pakailah itu untuk pembangunan desa dengan sebaik mungkin,” serunya.

"Semoga Siskeudes online ini  menjadi inovasi terbaik agar masyarakat dapat mencapai langkah-langkah yang besar dan berkomitmen untuk melakukan pengabdian, melayani yang belum terlayani, menjangkau yang belum terjangkau, memperkuat yang sudah bagus dan membangun Maluku Tengah sebagai jendela Indonesia timur. (bt02)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment