Tiga Negeri di Serut Timur Kobi Resmi Serahkan Ulayat ke PT Nusaina

By admin 28 Jun 2023, 13:00:45 WIB Kab.Malteng
Tiga Negeri di Serut Timur Kobi Resmi Serahkan Ulayat ke PT Nusaina

Keterangan Gambar : Tiga Negeri di Serut Timur Kobi Resmi Serahkan Ulayat ke PT Nusaina


Tiga Negeri di Serut Timur Kobi Resmi Serahkan Ulayat ke PT Nusaina 

Kobi, Beritanya terkini.com- Luasan tanah Ulayat milik Negeri Kobi, Maneo  dan Akitarnate resmi diserahkan ke PT Nusaina Group untuk digarap sebagai lahan perkebunan kelapa sawit.

Terlaksananya penyerahan tanah Ulayat milik ketiga negeri ke Managemen PT Nusaina dipusatkan di lapangan Upacara Negeri Kobi Rabu (28/6) dengan disaksikan langsung  Deputi II Staf Kepresidenan, Abetnego Panca Putra Tarigan  dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah serta unsur muspida kabupaten Maluku Tengah dan Muspika kecamatan seram Utara, Seram Utara Timur Kobi dan Seram Utara Timur Seti. 

Baca Lainnya :

Sekadar tahu, Penyerahan  dokumen tanah Ulayat dilakukan secara simbolis   oleh ketiga KPN kepada Managemen pusat PT Nusaina Group.

Tanah ulayat tiga negeri ini  selanjutnya akan dikelola menjadi lahan perkebunan  Kelapa Sawit oleh PT Nusaina 

dengan sistim kemitraan bagi hasil. 

Tanah-tanah ulayat milik tiga negeri yang dikerjasamakan dengan PT Nusaina  ini diketahui merupakan akumulasi dari total luasan tanah ulayat yang telah dikerjasamakan sebelumnya, dan luasan tanah ulayat negeri hasil penegasan  batas oleh  pemerimtah daerah bekerjasama dengan PT Nusaina dan instansi teknis terkait.

Penjabat Bupati Maluku Tengah Muhammat Marasabessy dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Kesbangpol Yohanes Noya 

dan mengapresiasi atensi yang luar biasa Deputi II Staf Kepresidenan terhadap persoalan tanah ulayat di Kabupaten Maluku Tengah. Terkhusus di tiga negeri ini  Kobi, Maneo dan Aketernate.

Diketahui, Kedeputian II staf Presiden dalam kewenangannya bertugas membantu pengendalian, percepatan, monitor dan evaluasi penyelesaian masalah program prioritas nasional dan isu strategis bidang Pendidikan, Kesehatan, Jaminan Sosial, Bantuan Sosial, Perempuan dan Anak, Agama, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Pemuda dan Olahraga, Desa, Agraria dan Kebencanaan

"Persoalan tanah ulayat ketiga negeri  dengan PT. Nusa Ina yang terjadi sejak tahun 2019, telah difasilitasi penyelesaiannya oleh pemerintah daerah. Alhamdulillah proses tersebut berjalan dengan baik, dan saat ini pihak-pihak yang terkait telah melaksanakan — kewajibankewajiabannya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," ungkap Marasabessy.

"Dan, dengan adanya kesepakatan penyelesaian dari kedua pihak tersebut, telah mengurangi kuantitas konflik agraria yang selama ini telah menjadi persoalan pelik di tengah-tengah masyarakat, khususnya masyarakat adat," sambungnya.

Marasabessy berharap,  kepastian hukum atas tanah yang telah dikantongi ini selanjutnya diharapkan dapat akan membawa dampak  keadilan kepada seluruh pihak demi membangun kepentingan bersama yang lebih besar. 

Dikatakan,  wilayah kecamatan Seram Utara Timur Kobi dan Seram Utara Timur Seti memiliki banyak lahan-lahan pertanian yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong peningkatan perekonomian keluarga, bahkan pertumbuhan ekonomi daerah dan negara. 

Namun, karena rata-rata kita di Maluku sering berbenturan dengan persoalan ulayat baik antar negeri/desa maupun antara desa dengan perseorangan/pihak swasta, mengakibatkan lahan-lahan potensial tersebut menjadi ruang kosong yang belum bisa dieksplorasi atau dimanfaatkan. 

Lantaran itu, Marasabessy  menghimbau  seluruh KPN untuk senantiasa mendorog percepatan penyelesaian sengketa lahan jika masih ada serta segera melegalkan lehan-lahan yang dimiliki dalam bentuk sertifikat sehingga memiliki kepastian hukum. 

"Manfaatkan  lahan- lahan tersebut guna memberikan kemanfaatan yang besar bagi masa depan Keluarga dan terutama bagi kesejahteraan negeri," serunya.

Pemerintah negeri kedepan diharapkan dapat melegalisasi oengelolaan tanah ulayat yang dimiliki . Hal ini penting untukeminimalisir terjadi lagi masalah internal di dalam negeri yang berkaitan pengelolaan tanah ulayat.  (BT-01)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment