TPID Malteng Inspeksi Mendadak Harga Pangan

By admin 04 Feb 2024, 16:07:35 WIB Ekonomi
TPID Malteng Inspeksi Mendadak Harga Pangan

Keterangan Gambar : Tim Pengendali Inflasi Daerah Malteng inspeksi mendadak harga pangan


Masohi, beritanyaterkini.com- Inspeksi mendadak harga pangan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Malteng ke pasar binaya kota Masohi Senin (4/2/2023).

Saat inspeksi ditemukan harga jual sembako jenis tertentu melebihi harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah. Diantarnya tomat.  Tomat diketahui dijual dengan harga  Rp 40.000 per kilogram, Minyak Goreng Kita dijual dengan harga Rp 18.000 perbotol, sementara Beras Medium (Bulog) perkilo dijual dengan harga Rp 15.000.

Menyikapi kondisi ril saat sidak, Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Pemkab Malteng Nova Anakotta mengingatkan  pedagang untuk tidak  menghentikan perilaku tidak patuh terhadap ketetapan pemerintah.

Dikatakan,   bahan kebutuhan pokok yang dijual melebihi ambang batas harga, dikatakan, dapat   memicu terjadinya  inflasi.
“Kalau bapak ibu ambil dari petani lalu jual dengan harga tinggi dapat memicu inflasi. Untuk itu, kalau petani masih saja bertahan dengan harga tinggi bapak ibu. Maka Pemkab sendiri yang akan ambil dari petani, kita subsidi transportasi lalu, kita yang jual,”kata Nova.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemkab Malteng ini menegaskan, jika pihaknya yang melakukan subsidi transportasi lalu dijual ke pasar, maka pedagang yang kesulitan.

“Kami juga minta agar para distributor tidak memainkan harga seenaknya dan jika distributor masih terus bandel kita akan pangil dan memberikan sanksi tegas berupa pencabutan izin,”katanya. (bt-02)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment